Minggu, 15 April 2018

Internet Zaman Sekarang Berbahaya? Kok Bisa?


Interconnection-networking atau yang biasa kita sebut dengan Internet, merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan terkoneksi. Jaringan-jaringan yang saling terhubung tersebut menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani pengguna di seluruh dunia.

Internet muncul pertama kali di dunia diawali oleh adanya usaha dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Melalui projek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Projek ARPANET tersebut memiliki tujuan untuk merancang jaringan dan menyebarkan informasi, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya protokol baru yang kini dikenal dengan TCP/IP.

Pada mulanya, ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Pada saat itu juga, mereka mulai membentuk satu jaringan terpadu yang hanya digunakan untuk keperluan militer. Akan tetapi, ARPANET kemudian mengalami kesulitan untuk mengendalikan jaringan tersebut. Hal itu dikarenakan terlalu banyak universitas-universitas lain yang mencoba bergabung dalam sistem jaringan tersebut. Oleh karena itu, ARPANET dibagi menjadi dua bagian, yaitu MILNET dan ARPANET. MILNET bertugas untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET bertugas untuk keperluan non-militer, seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan tersebut kemudian dinamakan dengan DARPANET, yang kini disederhanakan dengan nama internet.

Dalam jaringan internet yang begitu besar ini, terdapat juga bagian-bagian yang menyusunnya. Bagian-bagian itu membentuk suatu struktur internet yang terdiri dari:
1. World Web Wide (WWW), merupakan bagian internet yang dapat diakses melalui web browser. Didalamnya memuat situs web yang tidak terhitung jumlahnya.
2. E-mail, merupakan bagian internet yang digunakan untuk berkirim pesan dan untuk melakukan aktivsi akun. Terdapat beberapa jenis e-mail: Pop mail, hanya dapat diakses dengan internet service provider tertentu; web mail, hanya dapat diakses dengan membuka web penyedia layanan email tertentu seperti yahoo; dan forward mail, berfungsi sebagai perantara antara satu e-mail dengan e-mail lainnya.
3. Online Service Provider (OSP), merupakan bagian yang paling penting sebab OSP merupakan penyedia layanan internet.

Dalam beberapa dekade terakhir ini, internet menjadi “barang” yang sangat penting keberadaannya bagi manusia. Internet memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tak heran jika belakangan ini, perkembangan internet semakin pesat dan bahkan tidak dapat dihentikan. Misalnya saja penggunaan wireless web atau wifi yang belakangan ini meningkat pesat. Melalui bantuan wifi, pengguna internet dapat mengakses internet tanpa harus terhubung dengan jaringan kabel, bahkan dengan kecepatan yang lebih baik. Dalam bidang bisnis, hal ini juga digunakan sebagai daya tarik bagi pengunjung-pengunjung kafe ataupun fasilitas umum. Berkembangnya wifi juga turut mempengaruhi perkembangan layanan streaming video. Dengan akses internet yang lebih cepat, orang-orang akan lebih memilih untuk melakukan streaming video dengan berbagai pilihan tontonan daripada menonton televisi.

Selain itu, berkat kemampuan internet untuk menghubungkan semua orang di seluruh dunia, munculah e-commerce. E-commerce ini merujuk pada kegiatan jual beli yang dilakukan secara online melalui internet. Layanan ini sekali lagi memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk membeli barang yang dibutuhkan tanpa harus berpindah tempat. Hanya dengan terhubung melalui koneksi internet, pengguna internet dapat melakukan transaksi jual beli.

Namun tanpa kita sadari, di balik berbagai manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh internet, ternyata ada dampak buruk yang sangat berbahaya bagi kehidupan kita Meskipun internet merupakan jaringan besar yang tak ada batasnya, jaringan ini tidak dilengkapi dengan pengontrol. Hal itu memungkinkan bagi semua orang untuk bebas mengunggah berita atau konten apapun. Padahal, tidak semua orang menyajikan konten yang baik dan layak dikonsumsi publik. Bahkan, bisa saja pengguna internet membuat konten yang tidak terbukti kebenarannya (hoax). Hal ini juga berkaitan langsung dengan privasi pengguna internet. Ketika seseorang sudah memasuki dunia internet dan menggunggah sesuatu, privasinya akan semakin berkurang. Sebab, informasi yang sudah ia unggah dapat langsung diakses di seluruh dunia dan secara otomatis akan terekam dalam sistem internet. Melalui informasi yang diunggah tersebut, orang lain dapat dengan mudah mengetahui diri kita dan memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai macam bentuk tindakkan kriminal.


WAKTUNYA QUIZLET!

  1. Bagian yang memiliki peran vital dalam memberikan pelayanan internet adalah….
  2. Projek yang pertama kali mengawali lahirnya dunia internet adalah....
  3. Pada tahun berapa projek tersebut mulai dilakukan....
  4. Karena kesulitan mengatur keperluan dari berbagai universitas, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua bagian yaitu....
  5. MILNET digunakan untuk keperluan....
  6. Gabungan dari kedua jaringan MILENT dan ARPANET kemudian dinamakan....
  7. Kepanjangan dari TCP/IP adalah....
  8. Bagian dari internet yang dapat diakses melalui web browser yang didalamnya memuat situs web yang tidak terhitung jumlahnya disebut....
  9. Bagian dari internet yang berfungsi sebagai perantara antara satu e-mail dengan e-mail lainnya disebut....
  10. Sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11 dinamakan....
  11. Bagian dari internet yang hanya dapat diakses dengan membuka web penyedia layanan email tertentu disebut juga dengan….
  12. Kapan internet mulai ditemukan….
  13. DARPA merupakan singkatan dari....
  14. Tokoh yang berpengaruh dalam berkembangnya internet di Indonesia....
  15. Suatu layanan dimana email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang  lain adalah....
  16. Tiga situs penyedia email saat ini yang banyak digunakan adalah....
  17. Broadband bisa diakses dari 3 sumber yaitu…
  18. Istilah yang digunakn untuk mendeskripsikan menjual barang atau jasa melalui internet adalh….
  19. Bahasa pemograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajahan web internet disebut....
  20. Tahun ... jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan keluar Amerika Serikat


0 komentar:

Posting Komentar

Kritis pada media, maju untuk Indonesia!

Blog oleh Bernardus Pandu, Cindy Gozali, Desicia Calista, dan Laurensia Lucinta. Diberdayakan oleh Blogger.
"The mass media, their influence is everywhere, they tell us what to do, what to think, and they tell us to think about ourselves all of the time" - Tricia Harris

Mass Communication Class D

Isu Literasi Digital

Dunia kini berkembang semakin canggih, masyarakat pun mau tidak mau mengikuti moderenisasi yang ada, termasuk juga dalam bidang teknologi...

Formulir Kontak

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Pages

Blogger templates