Minggu, 22 April 2018

Instagram? Zaman Sekarang Gak Punya Instagram?


Siapa yang tidak kenal Instagram? Salah satu media yang paling eksis di Indonesia ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Berdasarkan data dari Tempo.co (26/7/2017), ada sekitar 45 juta pengguna aktif Instagram di seluruh Indonesia. Kalian termasuk salah satu dari mereka kan, Korps?

Instagram merupakan salah satu dari sekian banyak platform media sosial yang ada. Kini, media sosial seolah-olah telah menjadi komponen utama yang paling penting bagi kehidupan manusia. Manusia seakan tidak pernah bisa lepas dari pengaruh media sosial ini.

Media sosial merupakan media yang digunakan untuk interaksi sosial yang mudah diakses menggunakan teknik komunikasi terukur. Adapun karakteristik-karakteristik dari media sosial menurut Dominick (2015, h.94), yaitu: 
  1. Adanya partisipasi (contoh : memilih berita online favorit)
  2.  Memungkinkan pengguna untuk berbicara atau mengutarakan pendapat (contoh:  memposting komentar dalam blog seseorang)
  3.  Sharing (contoh: membuat dan memposting materi ke situs seperti Flickr dan Youtube)
  4.  Adanya kolaborasi (contoh: membuat konten dengan pengguna lain, seperti Wikipedia)
  5.   Media sosial dapat menghubungkan (contoh: membentuk jejaring sosial dengan teman-teman dan mereka yang memiliki minat yang sama di situs-situs seperti Facebook, Twitter, Linkedin)

Selain itu, adapun jenis jenis dari media sosial menurut Kaplan dan Haenlein (dikutip di Melati,2015, h.6), antara lain:

  1. Proyek kolaborasi (collaborative project), penggunanya dapat mengubah, menambah, hingga menghilangkan konten yang ada di website ini, contohnya : Wikipedia
  2. Blog dan Microblog, aplikasi web yang dapat diisi dengan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan dalam halaman web umum. Micro blog adalah bentuk kecil dari blog, penggunanya memilii batasan 140 karakter untuk memposting sesutau, Contohnya: Twitter.
  3. Konten (content communities), memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi video, e-book, foto dll. Contohnya: Google drive, Youtube.
  4. Situs jejaring sosial (social networking sites), web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia, dan mengundang atau menerima teman untuk bergabung. Contohnya: Facebook, Path, Myspace, Instagram.
  5.  Dunia virtual (virtual world), memungkinkan penggunanya muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan juga berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam lingkungan yang di reaplikasikan secara 3D. Contohnya: game online.
Sebagai pengguna aktif media sosial, kita juga harus bijak loh Korps dalam penggunaanya. Kenapa? Media sosial ternyata memiliki berbagai macam efek dan kegunaanya lainnya, seperti mengubah cara kita berpikir tentang hiburan, menarik dan menahan audiens dari media konvensional, sebagai alat pengumpulan berita, dan menjadi lahan komersil.

Selain itu, media sosial juga memiliki berbagai macam dampak negatif yang sebenarnya jelas tidak baik bagi kehidupan kita. Dampak-dampak tersebut antara lain mengganggu produktivitas di tempat kerja, konten pada media sosial mudah diduplikasi, diarsipkan dan dibagikan sehingga minimnya privasi dan tingginya plagiasi, dan cyberbullying.

0 komentar:

Posting Komentar

Kritis pada media, maju untuk Indonesia!

Blog oleh Bernardus Pandu, Cindy Gozali, Desicia Calista, dan Laurensia Lucinta. Diberdayakan oleh Blogger.
"The mass media, their influence is everywhere, they tell us what to do, what to think, and they tell us to think about ourselves all of the time" - Tricia Harris

Mass Communication Class D

Isu Literasi Digital

Dunia kini berkembang semakin canggih, masyarakat pun mau tidak mau mengikuti moderenisasi yang ada, termasuk juga dalam bidang teknologi...

Formulir Kontak

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Pages

Blogger templates